Detail Blog

Perbedaan Jalur Mandiri, SBMPTN Tahun 2023 dengan Tahun 2022

BERITA | Admin | 17 Sep 2022 09:51

Skema jalur SBMPTN 2022

Calon mahasiswa yang ikut SBMPTN 2022 mengikuti Tes Potensi Skolastik (TPS) dengan subtes: penalaran umum, pemahaman bacaan dan menulis, pengetahuan dan pemahaman umum serta pemahaman kuantitatif. Selain itu juga ada Tes Kemampuan Akademik, contohnya Fisika, Biologi, Ekonomi, Geografi dan beberapa mata pelajaran lain yang ditentukan berdasarkan kelompok tes yang dipilih yakni Saintek atau Soshum.

Skema jalur SBMPTN 2023

Untuk jalur SBMPTN 2023 perubahan besar yang terjadi yakni tidak ada Tes Kemampuan Akademik. SBMPTN 2023 hanya dengan Tes Skolastik dengan tes yang mengukur: Potensi kognitif Penalaran matematika Literasi dalam bahasa Indonesia Literasi dalam bahasa Inggris

Jalur mandiri PTN 2022 
Jalur mandiri yang diadakan di masing-masing PTN tidak memiliki standar antar-PTN.  Karena dalam pelaksanaan jalur mandiri kewenangan semua ada di PTN. Hal ini pula yang menimbulkan anggapan bahwa jalur mandiri lebih berpihak pada calon mahasiswa yang memiliki finansial tinggi. 

Jalur Mandiri PTN 2023 
Oleh karena itu, Kemendikbud Ristek merombak skema seleksi jalur mandiri PTN 2023 untuk menciptakan transparasi dalam pelaksanaan jalur mandiri, tiap PTN wajib menginformasikan beberapa hal, seperti: 
Mengumumkan kuota calon mahasiswa yang akan diterima di masing-masing program 
studi dan fakultas. 
Mengumumkan metode yang akan digunakan untuk penilaian calon mahasiswa. 
Mengumuman besaran biaya masuk.

 

sumber: detik