Detail Blog

5 Jurusan dengan Biaya Mahal di Indonesia

BERITA | Admin | 06 Nov 2022 09:16

1. Kedokteran
Kedokteran merupakan salah satu jurusan kuliah yang membutuhkan biaya cukup besar. Pasalnya ketika kuliah di jurusan tersebut para mahasiswa akan melakukan proses pembelajaran dan praktikum yang cukup banyak. Belum lagi Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) jurusan ini mulai dari puluhan juta hingga ratusan juta.

2. Penerbangan
Biaya kuliah di jurusan penerbangan juga tidak cukup menguras ini kantong. Sebab jurusan kuliah Penerbangan (Aviasi) di kampus-kampus aviation membutuhkan biaya berkisar Rp 500-800 juta.

Meskipun cenderung mahal, prospek karier dari jurusan tersebut cenderung menjanjikan. Sebab lulusan kuliah tersebut bisa menjadi seorang pilot profesional yang mendulang gaji hingga puluhan juta per bulan.

3. Desain Komunikasi Visual (DKV)
Jika dilihat dari biaya kuliah pokok jurusan DKV cenderung tidak terlalu mahal. Namun untuk menunjang kuliah tersebut para mahasiswa harus memiliki sejumlah gadget dengan harga yang mahal.

Hal itu disebabkan karena proses pembelajaran mahasiswa DKV harus ditunjang perangkat teknologi dengan spek jempolan sehingga mempermudah proses pembuatan tugas kuliah.

4. Broadcasting
Mahasiswa broadcasting juga membutuhkan alat praktikum yang tidak murah. Para mahasiswa diharuskan untuk memiliki sejumlah gadget untuk menunjang kegiatan broadcasting seperti kamera, tripod, laptop spek jempolan, microphone, dan lainnya.

5. Seni
Jurusan terakhir yang cukup menguras isi dompet yakni seni. Para mahasiswa jurusan tersebut akan lebih banyak praktikum bahkan rasionya 70:30. Kegiatan itu lah yang kerap menyebabkan jurusan kuliah tersebut cenderung lebih mahal.

 

sumber: detik