Detail Blog

6 Jurusan yang jarang diminati oleh Calon Mahasiswa

BERITA | Admin | 22 Dec 2022 11:50

1. Oseanografi
Jurusan ini kurang diminati karena sektor pekerjaannya kurang begitu populer. Padahal lulusan jurusan ini dibutuhkan di Kementerian Kelautan, Kementerian ESDM, Kementerian Pekerjaan Umum, hingga Dinas Hidrografi-Oseanografi TNI AL.

2. Kehutanan
Jurusan yang berhubungan dengan lingkungan atau alam satu ini juga kurang dilirik. Meski jarang dilirik, lulusan jurusan kehutanan banyak dibutuhkan di berbagai instansi BUMN atau di lembaga birokrat, seperti dinas kehutanan dan balai pengelolaan atau di perusahaan perkebunan.

3. Ilmu Perpustakaan
Tidak hanya belajar tentang buku saja, jurusan ini juga akan mempelajari arsip, informasi, pengelolaan perpustakaan, manajemen, hingga teknologi informasi.

Lulusan jurusan ini kerap dianggap hanya bisa kerja di perpustakaan. 

4. Astronomi
Di Indonesia, program studi ini sepi peminat karena dianggap sulit dan prospek kerjanya belum diketahui. Satu-satunya universitas yang mempunyai jurusan astronomi di Indonesia adalah Institut Teknologi bandung (ITB). Lulusan jurusan astronomi sangat dibutuhkan oleh lembaga khusus seperti BMKG, LAPAN, dan observatorium.

5. Arkeologi
Jurusan arkeologi ada di 6 universitas yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Udayana, Universitas Jambi, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Halu Oleo.

Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari hal-hal bersejarah, mulai dari situs purbakala hingga manusia. Lulusan jurusan ini memiliki prospek kerja di lembaga penelitian nasional, jurnalis, pemandu wisata, sejarawan, museum hingga akademisi.

6. Antropologi Sosial
Jika tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan manusia, jurusan ini layak jadi referensi siswa karena jarang dilirik. Pasalnya, jurusan antropologi sosial akan meneliti hubungan antara masyarakat dengan suatu kelompok dan etnis. Selain itu, mahasiswa akan mempelajari perilaku, budaya, dan keanekaragaman.

 

sumber: detik