Detail Blog

15 Jurusan yang banyak di cari Perusahaan BUMN

BERITA | Admin | 08 Dec 2022 11:14

Melansir dari kompas (08/12/2022) 15 Jurusan yang banyak di cari:

1. Ekonomi dan Bisnis
Jurusan Ekonomi dan Bisnis banyak dicari, karena lulusan jurusan ini diminta untuk bisa mengelola keuangan perusahaan.

2. Teknik Informatika 
Tujuannya, agar dapat memaksimalkan program-program, website dan aplikasi perusahaan.

3. Ilmu Hukum 
Setiap perusahaan memiliki bidang legal dan hukum yang mengurusi kepentingan terkait produk hukum. Karena itu, posisi legal di banyak perusahaan BUMN sangat dibutuhkan.

4. Komunikasi Mengapa 
jurusan Ilmu Komunikasi banyak dicari perusahaan BUMN? Karena mereka bertugas sebagai pengelola branding dan image perusahaan kepada masyarakat.

5. Psikologi 
Salah satu jurusan paling vital di perusahaan BUMN adalah Psikologi. Alasannya, lulusan Psikologi dibutuhkan untuk mengisi posisi HRD atau SDM. Lulusan jurusan ini juga berguna untuk menyaring SDM yang kompeten bagi kemajuan perusahaan.

6.Teknik Sipil 
Teknik sipil juga menjadi jurusan yang banyak dicari perusahaan BUMN. Contohnya Waskita Karya untuk Engineering Officer. Lalu Supervisor di PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan masih banyak lagi. 

7. Akuntansi 
Jurusan ini termasuk salah satu jurusan yang dicari banyak perusahaan BUMN. Bahkan perusahaan swasta pun membutuhkan lulusan ini. Lulusan Akuntansi akan bekerja mengurus keuangan perusahaan dan rencana ke depan visi perusahaan.

8. Statistika

Setelah kuliah, lulusan statistika, bisa berprofesi sebagai analis kontrol kualitas, analis riset pasar, spesialis pemasaran, dan posisi lainnya di perusahaan manapun termasuk BUMN.

9. Teknik Mesin

Teknik mesin diperlukan perusahaan di BUMN untuk mengatasi persoalan berkaitan dengan teknologi. Termasuk ikut mengembangkan berbagai macam teknologi di perusahaan terkait.

10. Teknik Industri

Teknik Industri dibutuhkan beberapa BUMN. Misalnya, Pertamina, Waskita Karya, KAI dan masih banyak lainnya.

11. Manajemen

Lulusan manajemen diperlukan banyak perusahaan BUMN untuk mengelola atau memanage perusahaan termasuk membuat rencana jangka panjang.

12. Kimia

Salah satu perusahaan BUMN yang membutuhkan lulusan Kimia contohnya Bio Farma, Kimia Farma, atau perusahaan BUMN lain yang membutuhkan keahlian lulusan kimia.

13. Sistem Teknologi Informasi

Banyak perusahaan saat Rekrutmen Bersama BUMN baik Batch 1 atau Batch 2 mencari lulusan Sistem Teknologi Informasi. Alasannya, karena lulusan ini turut membantu mengembangkan sistem digital atau teknologi perusahaan.

14. Ilmu Komputer

Lulusan Ilmu Komputer, banyak dicari perusahaan BUMN karena hampir semua perusahaan sudah terdigitalisasi. Karena itu, untuk mengoperasikan berbagai perangkat milik perusahaan dibutuhkan lulusan ilmu komputer.

15. Perpajakan

Perpajakan menjadi jurusan paling laris karena kebutuhan setiap perusahaan BUMN pasti berkaitan dengan pajak. Untuk itu, memilih jurusan ini saat akan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan membantumu berpeluang lebih besar masuk ke BUMN.