Detail Blog

5 Buku Rekomendasi untuk SPMB PKN STAN 2020

BERITA | Admin | 14 Dec 2019 20:24

5 Buku Rekomendasi untuk SPMB PKN STAN 2020

Hal terpenting ketika ingin melanjutkan kuliah di PKN STAN adalah memiliki materi untuk belajar menhadapi SPMB PKN STAN. Dari berbagai macam penerbit buku SPMB PKN STAN 2020, ada 5 buku yang direkomendasikan untuk SPMB PKN STAN 2020. Jenis buku SPMB PKN STAN sendiri bervariasi, mulai dari buku soal bahas tahun-tahun sebelumnya, buku materi Seleksi Kompetensi Dasar, buku materi Tes Potensi Akademik, buku materi Tes Bahasa Inggris, hingga try out online PKN STAN. Berikut 5 buku yang direkomendasikan oleh bimbel bebas

Baca juga: Cara Menghitung Nilai Rata-Rata Untuk Mendaftar SPMB PKN STAN

1. Buku Civitas

Civitas Guide pertama kali dirilis pada 2016 dan saat ini menjadi buku SPMB PKN STAN terlaris. Harganya yang murah menjadikan civitas guide menjadi pilihan pendamping para pejuang PKN STAN. Walaupun harganya hanya Rp60.000, terdapat cukup banyak paket soal didalamnya. Total ada 20 paket soal yang ada pada buku setebal 232 halaman ini.

Baca juga: PERBEDAAN NILAI MATI SELEKSI KOMPETENSI DASAR TAHUN INI DENGAN TAHUN SEBELUMNYA

2. Buku Bank Soal PKN STAN

Seperti layaknya Civitas Guide, Bank Soal PKN STAN juga merupakan buku soal bahas tahun-tahun sebelumnya. Bedanya Jika di Civitas Guide terdapat 20 Paket soal, di buku Bank Soal PKN STAN ini kita akan menemukan 24 paket soal. Buku ini memiliki berat 620 gram dengan 512 halaman. Buku ini juga merupakan buku pelengkap belajar untuk melengkapi buku materi belajar.

3. Modul Bebas SKD

Modul Bebas SKD 2019 Persiapan Tes Sekolah Kedinasan dan CPNS Depan

Modul Bebas SKD 2019 Persiapan Tes Sekolah Kedinasan dan CPNS Depan

Secara mengejutkan SKD menjadi momok pejuang PKN STAN 2019. Banyak yang tidak lolos nilai mati karena tidak memenuhi syarat pada nilai TKP. Nilai mati TKP adalah 143 poin dengan jumlah soal 35 butir. Namun tenang, untuk tahun 2020 ini nilai mati TKP akan diturunkan mengingat terlalu banyak yang gagal di TKP pada SPMB 2019 lalu. Seperti kita ketahui bahwasanya ambang batas nilai kelulusan SKD dibagi dalam tiga kategori, yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan TWK. Pada penerimaan tahun 2018, ambang batas nilai kelulusan untuk TKP sebesar 143, TIU 80 dan TWK 75. Sementara di penerimaan 2019, ambang batas nilai kelulusan untuk TKP menjadi 126, TIU 80 dan TWK 65. Walaupun nilai TKP diturunkan, bukan berarti soalnya menjadi lebih mudah. Teman-teman tetap harus berjuang salah satunya dengan belajar materi-materi yang keluar di Seleksi Kompetensi Dasar. Buku SKD sangat banyak, namun salah satu yang sudah update sesuai dengan Permenpan 2019 adalah Modul Bebas SKD.

4. Modul Bebas TPA TBI

Buku SPMB PKN STAN 2020 Modul Bebas TPA TBI Sixth

Buku SPMB PKN STAN 2020 Modul Bebas TPA TBI Sixth

Modul ini pertama kali dijual bebas pada April 2014 dan telah masuk ke edisi ke enam. Buku ini merupakan buku materi PKN STAN terlaris yang telah terjual lebih dari 32 ribu eksemplar. Hal utama yang membuat buku setebal 512 halaman ini laris adalah isinya yang sangat lengkap ditambah latihan soal online yang membuat pejuang PKN STAN tidak perlu membeli buku materi lainnya. Buku ini dijual dengan harga Rp 89.000 di marketplace seperti lazada, tokopedia, bukalapak, dan shopee. Buku ini juga dijual di gramedia dengan harga Rp30.0000 lebih mahal atau seharga Rp119.000

5. TOSKA

Toska adalah aplikasi try out online yang dapat diakses melalui halaman to.bimbelbebas.com. Aplikasi ini memiliki soal SPMB PKN STAN yang sangat lengkap. Total lebih dari 100 paket soal ada di dalam aplikasi ini. Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan versi gratisnya, dapat melakukan register dan mengerjakan paket soal yang tidak terkunci.