Detail Blog

Tips Karyawan Baru Menghadapi Masa Percobaan

TIPS DAN TRIK | Admin | 02 Nov 2021 20:14

Masa percobaan kerja adalah saat karyawan baru akan dinilai layak tidaknya bekerja di  perusahaan yang dilamar. Setiap perusahaan memiliki masa percobaan masing-masing entah itu 1 bulan atau hingga 6 bulan tergantung kebijakan sebuah perusahaan yang dilamar. Jika kinerja seorang karyawan baik maka akan di perpanjang kontraknya bahkan menjadi seorang karyawan tetap.

Melansir dari Kompas (02/11/2021) Berikut Tips lolos melewati masa percobaan kerja dari Alumni UGM

1. Berikan yang terbaik

Ketika masa percobaan kerja, sebagai karyawan lakukan tugas dengan baik dan maksimal. Perusahaan akan menilai skill mu layak atau tidak. Jika mendapatkan sebuah proyek, selesaikan proyek tersebut dengan presentasi baik.

2. Jangan mengatakan ‘tidak’ dan aktif bertanya

Sebagai karyawan baru, jangan sekali-sekali mengucapkan ‘tidak’ pada pekerjaan yang diberikan kepada kamu. Tidak ada satu orang pun, terutama atasan, yang menyukainya. Jika belum mengerti pekerjaan yang diberikan atasan, jangan sungkan untuk bertanya dan meminta bantuan kepada rekan.

3. Harus proaktif membuat inovasi

Tentu, karyawan baru identik dengan rasa sungkan untuk melakukan inovasi dalam bekerja. Biasanya mereka hanya mengikuti pekerjaan yang sudah diberikan.  Keluarkan dari zona tersebut jadilah proaktif dalam inovasi.

4. Harus disiplin

Disiplin merupakan hal penting dalam hal pekerjaan. Sepandai seorang karyawan dalam skill nya apabila tidak disiplin atasan tetap saja tidak suka, karena pekerjaan akan tertunda-tunda.

5. Sopan dan rendah hati

Kamu akan menemui banyak rekan-rekan baru dengan sifat dan karakter yang berbeda-beda di dunia kerja. Hal terbaik yang harus kamu lakukan dalam bergaul adalah terapkan sikap rendah hati dan murah senyum kepada rekan-rekan kerja. Tetaplah bersikap ramah dan sopan kepada semua orang.